Gozali's Blog

Atur Uangmu Seperti Mengatur Waktumu

Mengatur uang itu seperti mengatur waktu. Mengaturnya dengan teliti atau ceroboh dalam menggunakan waktu maupun uang, ujungnya sama saja yaitu sama-sama habis Saat mengatur waktu yang penting adalah bukan seberapa banyak waktu yang kita miliki tapi seberapa berkualitas waktu tersebut…

4 Cara Beli Rumah Tanpa Riba

Tak akan lengkap sebuah rumah tangga jika tidak memiliki rumah sendiri. Begitulah kegelisahan para pasangan muda yang ingin segera memiliki rumah sendiri. Tapi belakangan ini, yang namanya memiliki rumah sendiri sepertinya makin banyak tantangannya, mulai dari harga yang makin lama…

2 Sebab Terjadi Tekor dan Cara Mengatasinya

Keuangan bulanan sering tekor? Baca terus sampai selesai agar tekor tak lagi menjadi langganan. Biasanya sih kebanyakan dari kita hanya punya 2 sebab kenapa keuangan bulanan jadi tekor. Pertama, adalah ada pengeluaran yang tidak rutin. Dan kedua, ada pengeluaran rutin…

Cari Duit Itu Susah

Saat anggaran rumah tangga sudah disusun dengan rapi, masing-masing pos sudah dijatah alokasi dananya, tapi ada saja tambahan-tambahan di luar rencana. Apalagi kalau terkait sama anak. Maklum lah, namanya anak kecil, kadang taunya minta jajaaaan aja, gak mau tau kan…

MEA Datang, Mae Pergi

Dari akhir 2015 sampai awal 2016, MEA menjadi topik dikusi yang banyak dibicarakan. Tapi sayangnya, hampir semua bicara secara defensif, “apakah kita sdh siap?” Banyak yang mengkhawatirkan pasar Indonesia yang besar dicaplok asing, ada PRT dari Filipina, tenaga ahli dari…

Memandang Ekonomi Indonesia & ASEAN dari Kacamata HSBC

Memandang Ekonomi Indonesia & ASEAN dari Kacamata HSBC

  Dengan diberlakukannya perjanjian perdagangan di wilayah ASEAN atau MEA, maka sangat penting untuk memahami bagaimana kondisi ekonomi Indonesia dan negara ASEAN lainnya. Saya menemukan artikel menarik yang dirilis oleh HSBC di http://www.hsbc.com/news-and-insight/2015/southeast-asias-new-consumers bahwa dalam 5 tahun ke depan, atau…

Asuransi Melawan Takdir?

Obrolan ringan selepas dzuhur di mesjid sebelah kantor…. A: Gak mau ah ikut asuransi. Ikut asuransi itu melanggar takdir tau! B: Maksudnya melanggar takdir gimana? A: Ngapain juga asuransi-asuransi segala. Kalau emang udah takdirnya meninggal ya meninggal aja. Jaman dulu…

5 Hal Yang Harus Dilakukan Pengantin Baru dalam Mengelola Keuangan

Dalam kultur masyarakat Indonesia, pernikahan adalah titik awal seseorang harus bisa mandiri secara finansial. Jika belum menikah, masih bisa sesekali minta bantuan orangtua, walaupun sudah punya penghasilan sendiri. Saat belum menikah, tinggal bersama orangtua selama puluhan tahun pun hampir tak…

Persiapan Keuangan Menuju Pelaminan

  “Aisyahnya sih ada, tapi maisyahnya belum” adalah alasan klasik yang sering diungkapkan para bujang ketika ditanya tentang rencana pernikahannya. Bayangan besarnya biaya resepsi sering bikin ciut mereka yang sudah siap menikah. Padahal yang namanya biaya resepsi masih bisa negosiasi…

Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

  Jika orang tua ingin menyiapkan dana pendidikan untuk anak, apa yang pertama kali terfikir? Rata-rata orang tua sekarang akan berfikir “asuransi” sebagai kata pertama yang difikirkan ketika membahas dana pendidikan untuk anak-anaknya. Karena yang asuransi menjadi top of mind…

5 Sebab Gagalnya Pensiun Dini

1. Tidak memiliki rencana pensiun yang jelas Dalam pelatihan pensiun yang sering diadakan, saya selalu bertanya satu hal “apa rencana Anda sesudah pensiun?” Tentu saja rencana yang saya maksud di sini adalah rencana sumber penghasilan mereka sesudah pensiun. Hanya satu…

'