Gozali's Blog

Makan Siang

Makan siang pakai apa, menentukan cashflow dalam jangka pendek.

Makan siang bersama siapa, menentukan cashflow dalam jangka panjang.

Biaya yang cukup besar bagi seorang yang bekerja di luar rumah adalah transportasi dan biaya makan siang. Banyak cara dilakukan agar bisa efisien di pos pengeluaran ini. Salah satu cara mengurangi biaya makan siang adalah dengan memilih-milih menu makan siang. Memang betul bahwa makan siang “pakai apa” itu menentukan sekali terhadap cashflow kita dalam jangka pendek. Karena beda menu, tentu beda pula harga yang harus dibayarkan.

Namun sebaiknya kita juga tidak hanya berfikir dalam jangka pendek, tapi juga berfikir jangka panjang dengan menaruh perhatian pada makan siang “bersama siapa”. Apa maksudnya makan siang bersama siapa bisa menentukan cashflow dalam jangka panjang?

Jika jam makan siang digunakan untuk makan bersama teman-teman sekantor dimana kita pun bersama mereka selama jam kantor, mungkin tidak akan banyak merubah kondisi keuangan kita. Tapi jika sesekali kita gunakan jam makan siang untuk makan siang bersama teman kantor dari bagian lain, dari cabang lain, atau mungkin teman dari perusahaan lain, kita akan menemukan banyak hal baru, networking, informasi, peluang, dan lain-lain. Dan ini bisa jadi menentukan untuk keuangan kita di masa depan.

Saat ini bisnis banyak dilakukan di saat santai seperti makan siang. dari situ mungkin kita mendapatkan kesempatan karir yang lebih baik, ide-ide baru yang bisa diterapkan di perusahaan, peluang bisnis baru, supplier yang lebih murah, atau mungkin konsumen yang menjanjikan.

Jadi, jangan cuma memperhatikan makan siang pakai apa. karena itu hanya akan pengaruhi cashflow dalam jangka pendek saja. sesekali, perhatikan juga makan siang sama siapa, karena itu akan mempengaruhi cashflow dalam jangka panjang.

Makan siapa bersama siapa hari ini?

Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'