Gozali's Blog

Merdeka Finansial

Apa arti kemerdekaan secara finansial?

Bagi sebagian orang, merdeka finansial adalah terbebas dari beban hutang yang melilit daya beli dan membuat perut mulas setiap dekat tanggal tagihan.

Bagi sebagian orang lain, merdeka finansial bisa jadi adalah bebas untuk beli apa saja yang diinginkan tanpa harus banyak berhitung apakah uangnya masih cukup atau tidak.

Bagi yang mengikuti pendapat Kiyosaki, merdeka finansial adalah saat penghasilan pasif sudah lebih tinggi daripada pengeluaran rutin. Sehingga bebas apakah mau bekerja atau tidak, bekerja bukan lagi untuk uang karena sudah tercukupi.

Bagi saya sendiri, merdeka secara finansial adalah percaya sepenuhnya bahwa rezeki diatur oleh Yang Maha Kuasa tanpa diganggu oleh kepentingan lain di dunia.

Sehingga saat kita berharap, berdoa, merencanakan, menjemput, mencari, mengumpulkan, mengelola, membelanjakan, menginvestasikan, membagikan, mewariskan harta tersebut; semuanya mengikuti cara yang ditetapkan oleh Maha Pemberi Rezeki.

Sehingga saat ada klien yang minta markup harga, kita merdeka untuk bilang tidak.

Saat ada kawan mengajak korupsi, kita merdeka untuk menolaknya.

Bagi saya,.merdeka secara finansial itu tidak dibelenggu oleh hutang, tidak dijajah keinginan yang berlebihan, atau diinvasi oleh kepentingan yang bertentangan dengan kehendak Yang Kuasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'